Home » » Sony Experia Z5 Premium Super Mewah

Sony Experia Z5 Premium Super Mewah


September 2015 kemarin, Sony mengeluarkan 3 varian seri Xperia Z5 yang merupakan varian flagship penerus dari seri Z yang terdiri dari Xperia Z5 Premium, Xperia Z5, dan Xperia Z5 Compact. Sesuai dengan namanya, perbedaan antara ketiganya tidaklha terlalu banyak. Sony Xperia Z5 Premium merupakan smartphone dengan ukuran paling besar yang dilengkapi dengan feature dan spesifikasi tertinggi. Keunggulan yang dimiliki Sony seri flagship dibenamkan disini.

Spesifikasi Sony Experia Z5 Premium

DESAIN
semua seri Xperia Z5 menggunakan desain yang sama persis. Yang membedakan hanya sisi dimensi dan bobot. Seri Xperia Z5 Premium hadir dengan dimensi dan bobot yang paling besar. Masih menggunakan rancangan yang menjadi ciri khas Sony dimana berbentuk persegi panjang dengan siku sedikit membulat ditiap sudutnya.

Dengan rancangan unibodi, slot untuk kartu SIM dan memori diletakkan disisi kiri. Anda tidak perlu mengeluarkan kompartemen menggunakan pin atau benda tajam, cukup dicongkel dengan kuku dan tingal masukka kartu yang akan digunakan kedalam slotnya.

Tombol power pada Xperia Z5 memiliki fungsi ganda. Selain untuk mengaktifkan smartphone, fungsi lainnya yaitu sebagai pemindai sidik jari. Sama dengan varian seri Xperia Z5 lainnya, smartphone ini juga mendukung pemindaian sidik jari guna melindungi perangkat jika ingin diaktifkan oleh orang yang tidak berhak. Yang menjadi pembeda dan daya tarik Xperia Z5 Premium adalah dukungan resolusinya yang mencapai 4K atau 2160 x 3840 pixels. Resolkusi ini biasa disematkan pada TV LED terkini guna menghasilkan gambar yang tetap tajam meski menggunakan layar berukuran besar.

Layar seri inimenggunakan jenis IPS LCD yang sudah dilengkapi dengan pelindung oleophobic coating. Guna mendukung hasil gambar yang tajam, layarnya menggunakan teknologi Triluminos yang juga disematkan pad TV HD besutan Sony. Kelengkapan sensor serta dukungan multitouch-nya cukup lengkap. Layarnya telah menggunakan 10 jenis sensor dan 10 titik sentuhan yang berarti sangat fleksibel bagi berbagai kebutuhan penggunaan.

INTERFACE
Halaman utama Xperia Z5 Premium ini tidak lagi menampilkan highlight dari berbagai aplikasi maupun konten multimedia seperti pada tampilan UI seri sebelumnya. Secara default Homescreen nya sendiri terdiri dari 5 halaman dan kumpulan aplikasinya menggunakan App Drawer.

Yang menjadi daya tarik adalah Sony Xperia Z5 Premium menyertakan fitur Multi Windows yang mampu menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dan ditampilkan dalam satu layar. Hanya saja tidak semua aplikasi bisa memanfaatkan fitur ini. Sony telah menentukan aplikasi apa saja yang mendukung. Shortcut dari aplikasi tersebut akan dikumpulkan dalam satu folder. Saat dijalankan, aplikasi-aplikasi tersebut akan tampil melalui jendela berukuran kecil yang dapat diatur posisinya.

Untuk menjalankan file multimedia hanya disediakan 2 aplikasi. Yaitu video untuk memutar filoe video dan Play Music untuk audio. Untuk keluaran suara yang lebih bertenaga, Sony melengkapinya dengan teknologi audio beresolusi tinggi serta dukungan pengaturan berupa Clear Audio+ serta pengaturan Sound Effects. Terdapat pula fitur audio DSEE X yang akan meningkatkan kualitas keluaran suara agar lebih jernih. Fitur ini akan lebih terasa saat anda menggunakan earphone maupun headset.

KINERJA
Berbekal processor Qualcomm Snapdragon 810 Octa-core dengan perpaduan dari dua chip Quad-core 1,5 Ghz Cortex-A53 dan Quad-core 2 Ghz-A57 semua aplikasi benchmarking mampu dilalui dengan mulus lancar dengan skor tinggi. Apalagi dengan dukungan GPU Adreno 430 serta kapasitas RAM 3GB.
Anda bisa mencobanya dengan memainkan game berat seperti Modern Combat 5, Mortal Combat X, UFC maka hasilnya akan berjalan lancar tanpa kendala.

Berikut ini hasil pengujian :
AnTuTu benchmark v6.0 : 49083
Quadrant Standard Edition : 27101
Nenamark 2.4 : 57,6 fps
GeekBench 3 – Single Core : 972
Geekbench 3 – Multi Core : 3375
PCMark – Work Performance : 5006
PCMark – Work Battery Life : 6 jam 39 menit

Meskipun memiliki layar besar serta dukungan resolusi 4K, manajemen daya terlihat cukup bagus. Dari grafik Battery Usage terlihat penggunaan daya baterai pada layar hanya sekitar 25% sedangkan Cell Standby mencapai 19%. jika ingin lebih hemat pemakaian baterai, anda bisa mengaktifkan fitur battery Saver pada pilihan Power Management. Disini anda bisa memilih penggunaan baterai sesuai yang tersedia, yaitu Stamina, Ultra Stamina dan Low battery.

KAMERA
Dari segi kamera, Xperia Z5 Premium menggunakan kamera utama dengan resolusi 23 MP dan kamera depan 5,1 MP. Kedua kamera tersebut telah dibekali dengan sensorr Exmor RS yang merupakan teknologi kamera andalan Sony. Kamera depan telah disematkan Hybrid Autofocus yang membantu kamera dalam mendapatkan fokus terbaik secara otomatis dengan cepat. Fitur otomatis ini memiliki kecepatan 0,03 detik yang diklaim merupakan tercepat untuk sebuah smartphone. Kemampuan zoom digitalnya mencapai 8x, sedangkan kamera depan tidak menyediakan fitur ini.

Baca Juga : Tips Memfoto Mobil Bagi Penggemar Fotografi

Yang menarik, aplikasi kamera bawaan juga menyertakan berbagai mode atau pilihan efek hingga 19 macam. Jika kurang, anda juga diberikan tautan untuk menambahkan beberapa efek tambahan lainnya guna mempermudah pengguna dalam emngambil foto berbagai kondisi.


Spesifikasi Sony Xpreia Z5 Premium :

Harga Sony Experia Z5 Premium

Jaringan : GSM, HSPA, LITE
Jaringa seluler : GSM, HSPA, LTE
Dimensi : 154,4 x 75,8 x 7,5 mm
Bobot : 180 gr
Baterai : Non-removable Lithium ion 3430 mAh
Layar : 5,5 inch IPS LCD 2160 x 3840 pixels@806 ppi
OS : Android 5.1.1 Lollipop
Processor : Qualcomm Snapdragon 810 Octa-core (Quad-core 1,5 Ghz Cortex-A53 dan Quad-core 2 Ghz Cortex-A57)
Chip grafis : Adreno 430
Kamera belakang : 23 MP, 5520 x 4140 pixel, f/2.0, 24mm, phase detection, auto focus, LED flash
Kamera depan : 5.1 MP, 2592 x 1944 pixels, video 2160@30fps
Koneksi : Bluetooth 4.1 A2DP, Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac, micro USB 2.0 (MHL) jack 3.5 mm
Memori : RAM 3 GB
ROM : 32 GB eksternal dukung microSD up to 200GB
Harga : Rp. 11.450.000,-

0 comments:

Post a Comment

kembali ke atas