Home » , » Kenapa Kenari Betina Susah Kawin?

Kenapa Kenari Betina Susah Kawin?


Selamat berjumpa lagi. Semoga hari ini kita selalu diberikan rejeki dan kesehatan dari Allah SWT. Aamiin. Kali ini saya akan mencoba berbagi cerita tentang Kenari Betina yang Susah Kawin.

Beberapa peternak kenari pemula memang banyak yang mengeluhkan kenapa kenari betina yang sudah mencapai umur dewasa masih belum menunjukkan tanda-tanda birahi. Padahal, umumnya bagi kenari betina yang sudah mencapai umur 8 s/d 10 bulan keatas seharusnya sudah bisa birahi dan dikawinkan. Bahkan ada juga kenari yang umurnya 6 bulan tetapi sudah bisa birahi dan kawin dengan pejantan. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Pastinya, kondisi tiap burung memang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Hal umum yang bisa dilihat dari masalah kenari betina susah kawin adalah karena faktor hormon dan gizi atau nutrisi.

Kekurangan hormon estrogen dan progesteron bagi kenari memamg dapat menimbulkan masalah serius. Karena fungsi hormon ini adalah untuk reproduksi. Hormon ini juga berguna untuk rangsangan birahi. Oleh karenanya, jika kenari betina masih belum birahi jika didekatkan dengan pejantan, maka kemungkinan besar kenari tersebut kekurangan hormon reproduksi. Apalagi jika dijodohkan dengan pejantan dalam 1 sangkar, maka keduanya pasti akan saling bertengkar karena kenari jantan memaksa kawin, sedangkan kenari betina tidak mau kawin.


Untuk mengatasi kenari kekurangan hormon reproduksi dan nutrisi, maka anda sebaiknya memberikan asupan gizi yang baik misalnya dengan telur puyuh, sayuran dan buah-buahan seperti apel setiap harinya. Jangan lupa untuk menjemur kenari setiap harinya karena sinar matahari bermanfaat untuk memberikan kelancaran peredaran darah dan hormonnya. Apabila anda ingin cara instan, anda bisa menggunakan suplemen yang bisa dibeli di toko pakan burung. Misalnya saja estrobird, testovit dan sejenisnya yang berguna untuk merangsang produksi hormon reproduksi.

Ada satu lagi faktor yang perlu diketahui jika kenari masih belum birahi, yaitu karena faktor kegemukan. Lemak yang terdapat didalam tubuh kenari ini bisa menjadikan kenari tidak mau birahi dan kawin. Cara mengeceknya yaitu anda pegang kenari dan lihat bagian bawah perutnya. Jika terlihat ada cairan kuning dibawah perut atau disamping perutnya, maka kenari tersebut termasuk kegemukan. Lemak yang berada diperutnya tersebut membuat kenari sulit untuk bertelur.


Lemak yang tertimbun ditubuh kenari kebanyakan disebabkan karena salah perawatan saat kenari mabung. Terlalu banyak dalam memberikan asupan biji-bijian, telur, dan sayuran membuat kenari menimbun banyak lemak. Apalagi jika kenari jarang dijemur. Maka jangan disalahkan jika kenari berubah menjadi gemuk dan malas.

Untuk mengatasi kegemukan, maka jemurlah kenari setiap hari. Kurangi asupan makanan biji-bijian, sayuran dan buah-buahan. Berikanlah ketimun untuk membuat kenari diet. Tempatkanlah kenari didalam sangkar yang agak luas yang berguna agar kenari lebih aktif bergerak. Lakukanlah treatmen ini selama kurang lebih satu minggu dan lihat hasilnya. Jika kenari masih terlihat lemak diperutnya, maka anda bisa hanya memberikan ketimun saja untuk makanannya setiap hari tanpa ada biji-bijian dan lakukan penjemuran seperti biasanya.

Semoga cerita ini bermanfaat bagi para penghobi dan peternak pemula kenari. Jika ada hal yang ingin ditanyakan lebih lanjut, bisa melalui komentar atau lewat halaman contact. Terima kasih.

1 comments:

  1. Oh pantasan kenari saya juga seperti itu pak, terima kasih atas sharingnya, jadi lebih tahu dari pengalaman bapak,

    ReplyDelete